Travelbox

Mengenal Travelbox, Si Perabot Praktis yang Portabel

Mengenal Travelbox, Si Perabot Praktis yang Portabel. Pas buat pergi wisata ke pulau harapan. Kata travelbox mungkin masih terdengar asing bagi sebagian orang. Benda satu ini memang tidak seterkenal travel bag yang hanya memiliki perbedaan dua huruf paling belakang dengannya. Travel box dikenal juga dengan nama utility box yang biasanya dipasangkan di motor pada bagian belakang. Untuk lebih jelasnya, mari lebih mengenal travelbox, si perabot praktis yang portable!

Travelbox

  1. Apa itu travelbox atau utility box?

Secara harfiah, travelbox memiliki arti kotak (untuk) bepergian. Sedangkan utility box berarti kotak (yang) berguna. Dari arti harfiah tersebut dapat diambil suatu pengertian bahwa travelbox atau utility box adalah sebuah kotak dengan berbagai kegunaan yang biasanya dipakai ketika bepergian. Travelbox yang dimaksud di sini adalah yang biasa dipasang di bagian belakang motor, terutama ketika motor tersebut digunakan bepergian.

Kapasitas dari travelbox ditunjukkan dalam satuan liter. Misal ada travelbox dengan keterangan e33, itu berarti travelbox memiliki kapasitas 33 liter, atau travelbox dengan keterangan k42 yang berarti travelbox memiliki kapasitas 42 liter.

  1. Jenis travelbox

Poin selanjutnya mengenal travelbox dari jenisnya. Di Indonesia sendiri, sebenarnya ada beberapa jenis travelbox, namun yang paling dikenal dan paling sering digunakan oleh kalangan pengguna sepeda motor ada 2 merk, yakni Givi dan Kappa.

Beberapa varian travelbox merk Givi yang dapat dipilih, antara lain Givi E33 point yang berkapasitas 33 liter, cukup untuk menampung 1 helm fullface, dan barang sampai maksimal 3 kg. Lalu ada Givi E450 simply dengan kapasitas 45 liter yang tentunya mampu menampung muatan lebih dari 3 kg. Givi E30 dengan kapasitas 30 liter yang sering dipakai di motor polisi. Ada juga Givi E52 Maxia dengan kapasitas 52 liter yang mampu menampung muatan hingga 10 kg.

Sedangkan varian Kappa, antara lain Kappa K42 dengan kapasitas 42 liter dan dapat menampung berat muatan maksimal 3 kg. Lalu Kappa K46 dengan kapasitas 46 liter dan dapat menampung berat muatan maksimal 3 kg. Lalu Kappa K35 yang kapasitasnya 35 liter dan juga dapat menampung berat muatan maksimal 3kg. Ada juga Kappa K53 dengan kapasitas 53 liter dan dapat menampung berat muatan hingga maksimal 10 kg.

Ke semua jenis travelbox tersebut dilengkapi dengan sistem penguncian monolock system dan stop lamp untuk kepentingan keamanannya.

 

  1. Keuntungan memakaikan travelbox

Mengenal Travelbox lebih lanjut, soal keuntungan dan kerugian. Keuntungan dalam penggunaannya pada sepeda motor, antara lain dapat menampung kelebihan barang bawaan. Hal ini tentu saja penting, terutama saat sepeda motor tersebut digunakan untuk berwisata atau bepergian jauh, seperti mudik, sebab membantu Anda mengurangi barang bawaan menempel di badan. Selain itu, keuntungan lainnya adalah motor yang Anda kendarai menjadi tampak lebih keren dan gagah.

  1. Kerugian Memakaikan travelbox

Layaknya dua keping mata uang, keuntungan dan kerugian tidak dapat dipisahkan. Beberapa kerugian penggunaan travelbox, antara lain membuat kerja mesin menjadi lebih berat sehingga memperbesar peluang kerusakan mesin. Selain itu juga memperbesar peluang gesekan atau benturan dengan kendaraan lain di jalan raya sehingga peluang terjadi kecelakaan juga menjadi lebih besar.

Namun kerugian yang paling nyata adalah menambah kesulitan untuk parkir di tempat umum, sebab besarnya ukuran travelbox membuat ruang gerak menjadi lebih terbatas.

Mengingat beberapa kerugian yang dapat ditimbulkan karena penggunaan travelbox, maka ada baiknya Anda memikirkan baik-baik sebelum memasang travelbox pada kendaraan. Baik dari segi urgensi pemasangannya, sampai plus minus apabila travelbox tersebut terpasang di sepeda motor Anda. Jangan sampai hanya karena ingin tampak gagah, namun justru memberi dampak yang menyulitkan Anda dan pengendara lain. Semoga dengan mengenal travelbox dari berbagai sisi Anda jadi bisa mempertimbangkan apakah akan memasang alat bantu ini ataukah tidak.

Related Post

Mencegah Flu Burung Ribuan Unggas di Pulau Seribu di Awasi Ketat Mencegah Flu Burung Ribuan Unggas di Pulau Seribu di Awasi Ketat. Semakin mengkhawatirkannya penyebaran flu burung yang menyerang melalui hewan hewan unggas, Suku Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahan Pangan (KPKP) Kabupaten Kepulauan Seribu terus me...
Berlibur ke Obyek Wisata Pulau Bidadari Harga Murah Berlibur ke Obyek Wisata Pulau Bidadari Harga Murah. Sangat menyenangkan bisa mengunjungi lokasi wisata di pulau bidadari, salah satu objek wisata untuk liburan hari raya tahun ini makin menyenangkan dengan paket wisata harga murah. Beragam piliha...
Pulau tidung hotel dan resort liburan ala backpacker Pulau tidung hotel dan resort liburan ala backpacker. Pulau Tidung Indonesia adalah salah satu pulau yang termarak di kunjungi di akhir pekan dengan icon wisata jembatan cinta yang terdiri dari 2 pulau di dalam satu gugusan yaitu pulau tidung kecil d...
Mengenal Sejarah & Budaya Masyarakat Pulau Tidung Kepulauan Seribu Mengenal Sejarah & Budaya Masyarakat Pulau Tidung Kepulauan Seribu. Indoneisa adalah Negara kepualauan dengan tingkat kekayaan alam, budaya, maupun kekayaan sejarah yang sangat banyak. Dari setiap tempat yang ada, terdapat sejarah maupun kebudaya...
Mitos Jembatan Cinta di Pulau Tidung Mitos Jembatan Cinta di Pulau Tidung. Kawasan wisata Kepulauan Seribu yang terletak dekat dengan ibukota mempunyai pulau terbesar yang disebut Pulau Tidung. Selain merupakan pulau paling besar jumlah penduduk di pulau tersebut juga terbanyak bila dib...