pulau tidung

Pantai Pulau Tidung Tujuan Wisata Terbaik di Indonesia

Pantai Wisata Pulau Tidung Tujuan Wisata Terbaik di Indonesia. Salah satu tempat wisata yang terkenal akan keindahannya yaitu Pulau Tidung yang mempunyai banyak pesona dan faktor-faktor lain yang menarik. Bagi masyarakat Indonesia, khususnya yang tinggal di daerah ibukota Jakarta dan sekitarnya, mendengar kata Pulau Tidung mungkin bukan lagi menjadi nama yang awam di telinga anda. Namun mungkin akan berbeda lagi ceritanya jika kita menyebutkan nama tersebut di tempat lain. Mungkin saja masih banyak masyarakat Indonesia dari wilayah-wilayah lain yang justru belum akrab dengan nama Pulau tersebut. Meskipun cukup terkenal, namun ternyata pada kenyataannya masih banyak masyarakat Indonesia sendiri yang belum pernah mengunjungi Pulau ini atau bahkan tidak tahu menahu tentang Pulau Tidung.

Hal ini mungkin saja bisa terjadi karena ketidakpahaman masyarakat tentang seberapa banyak pulau yang dimiliki Negara Indonesia sendiri dan apa saja nama-nama dari pulau-pulau tersebut. Namun tentunya di era yang serba canggih dan modern seperti sekarang ini, informasi bisa sangat cepat menyebar dan masyarakat Indonesia bisa lebih mudah dalam mencari informasi tentang Pulau Tidung. Karena itu dengan adanya kemajuan tekhnologi tersebut, kita sebagai masyarakat Indonesia sebaiknya bisa lebih mengenal, lebih memahami, serta lebih menjaga dan melestarikan budaya serta kekayaan-kekayaan Negara kita sendiri.

Sekilas Tentang Pulau Tidung

Pulau Tidung adalah salah satu Pulau yang terletak di sebelah selatan Kepulauan Seribu dan di utara ibukota Jakarta. Pulau ini masih menjadi salah satu bagian dari satu kesatuan Kepulauan Seribu dan memiliki luas sekitar 109 hektar (ha), dengan jumlah penduduk sekitar 5000 jiwa atau dengan kepadatan sebesar 50 jiwa/km2.
Pulau yang dekat dengan Pulau Pari ini merupakan sebuah Kelurahan di Kecamatan Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, atau lebih tepatnya berada di bagian barat dari Kepulauan Seribu Selatan.Bagi anda yang menyukai wisata air dan ingin dimanjakan dengan panorama yang memukau, Pulau Tidung bisa menjadi salah satu tujuan wisata yang sempurna untuk anda. Karena di Pulau ini anda bisa bersantai sambil memanjakan diri anda dengan keindahan dan pesona lautan yang ditawarkan di sana.
Namun sayangnya Pulau Tidung untuk sementara waktu ini hanya baru bisa dijangkau dengan dua alat transportasi, yaitu dengan melalui jalur laut menggunakan kapal ferry regular dan perahu motor atau speedboat. Selain itu tempat pemberangkatan ke pulau tersebut hanya berada di dua lokasi, yaitu dari Dermaga Muara Angke dan dari dermaga Marina Ancol.
Untuk titik pemberangkatan dari Dermaga Muara Angke sendiri biasanya dipergunakan untuk para wisatawan yang ingin menggunakan kapal ferry regular. Sedangkan di Dermaga Marina Ancol dipergunakan bagi para wisatawan yang ingin pergi ke Pulau Tidung menggunakan perahu motor atau speedboat.
Bila anda tertarik ingin berwisata ke Pulau Tidung,maka anda sebaiknya mempersiapkan diri anda untuk menempuh perjalanan air selama kurang lebih 3 jam dalam kondisi cuaca yang normal menggunakan kapal ferry regular. Sedangkan jika ditempuh dengan menggunakan speedboat maka bisa lebih cepat sekitar kurang dari 3 jam. Namun tentunya ada saat dimana lautan dan alam tidak begitu bersahabat. Jika cuaca sedang buruk seperti terjadi hujan lebat atau adanya angin kencang, maka perjalanan yang ditempuh bisa mencapai lebih dari 3 jam.

Pulau Tidung Kecil dan Pulau Tidung Besar

Pulau Tidung sendiri merupakan pulau yang terbagi menjadi dua bagian yaitu Pulau Tidung Kecil dan Pulau Tidung Besar. Jika kamu berada di Pulau Tidung Besar dan ingin pergi ke Pulau Tidung Kecil atau sebaliknya, maka kamu bisa berjalan dengan menempuh sebuah jembatan yang disebut dengan Jembatan Cinta. Jembatan tersebut memang sengaja dibangun untuk menghubungkan kedua Pulau tersebut.
Di Pulau Tidung anda dapat melakukan berbagai aktifitas untuk berwisata seperti snorkeling, diving, atau bahkan bagi anda yang mengunjungi Pulau Tidung dalam rangka penelitian terhadap terumbu karang, anda bisa mendapatkan akses dan kemudahan di sana. Seperti halnya tempat-tempat wisata di seluruh Indonesia, anda pastinya juga bisa menjumpai berbagai jenis tempat makan dan tempat nongkrong yang asik dan nyaman. Kuliner yang ditawarkanpun pastinya akan menarik selera makan anda.
Walaupun Pulau Tidung terbagi menjadi dua bagian dan saat ini menjadi salah satu tempat wisata terkenal, namun tentunya tidak menghilangkan fungsi dasarnya sendiri sebagai tempat tinggal bagi para penduduknya. Tetapi meskipun begitu hanya Pulau Tidung Besar yang memiliki penduduk, sedangkan Pulau Tidung kecil tidak. Di Pulau Tidung Besar anda juga bisa menjumpai beberapa perkampungan dan berbagai macam fasilitas umum seperti beberapa warung, kantor Polisi, Puskesmas, atau bahkan sekolah yang kemudian menjadi tempat menimba ilmu bagi para penduduk pulau maupun dari pulau-pulau lain di sekitarnya.

Keunikan Pulau Tidung

Jika anda berwisata di Pulau Tidung dan melewati jembatan Cinta, maka anda akan disuguhkan dengan pemandangan laut yang sangat mempesona. Selain itu anda juga bisa melihat berbagai moment yang jarang sekali anda jumpai di tempat-tempat lain. Contohnya saja seperti melihat aksi-aksi para bocah cilik dari penduduk setempat yang dengan riangnya melompat ke lautan dengan memperagakan aksi lompatan yang unik dan lucu dari jembatan cinta. Tidak jarang juga banyak wisatawan yang merasa sangat terhibur dengan aksi-aksi mereka dan kemudian justru ikut bergabung dan meniru aksi bocah-bocah tersebut untuk melompat indah ke lautan tanpa ombak tersebut.
Kemudian, jika anda sudah berada diujung jembatan cinta, maka anda telah berada di Pulau Tidung Kecil dimana di pulau ini merupakan kawasan pengembangbiakan hutan mangrove. Selagi anda di Pulau Tidung Kecil, anda bisa bersepeda menapaki jalan-jalan kecil sambil menikmati keindahan alam dan panorama di pulau tersebut. Anda dapat menemukan ilalang disepanjang perjalanan anda menikmati pulau. Kemudian anda juga bisa mengunjungi pantai berpasir putih yang masih sepi dari penduduk dengan pasir yang lembut dan pndah. Pasti anda akan terkejut dengan pemandngan yang dapat anda temukan di sana.
Selain jembatan cinta, Pulau Tidung masih memiliki banyak objek wisata lainnya seperti pantai, objek wisata bawah laut, penangkaran hiu dan penyu bersisik, serta beberapa objek wisata lain yang terdapat di pulau-pulau kecil di dekat Pulau Tidung.
Dengan keindahan-keindahan tersebut, Pulau Tidung bisa menjadi salah satu tujuan wisata yang masih bisa dikembangkan lagi kedepannya. Bahkan dengan kemajuan jaman dan tekhnologi seperti saat ini, tidak menutup kemungkinan bahwa Pulau Tidung bisa menjadi salah satu tujuan wisata utama di Indonesia. Karena selain tempat dan pesonanya yang indah, Pulau ini juga termasuk dekat dengan Ibu Kota Jakarta dan kota-kota besar lain disekitarnya.
Bagi anda yang belum pernah berkunjung ke Pulau Tidung, maka sebaiknya anda menyempatkan diri untuk mengunjungi pulau ini setidaknya sekali seumur hidup anda. dijamin anda akan terpesona dan tidak akan menyesal karena telah berkunjung. Selain itu anda bisa mengajak saudara, keluarga atau teman-teman anda juga agar liburan anda menjadi jauh lebih seru dan menyenangkan. Jadi tunggu apalagi. Segera rencanakan keberangkatan anda untuk berwisata ke Pulau Tidung secepatnya. Selain pulau tidung kalian juga bisa berwisata ke pulau harapan