Festival di Pulau Tidung, Panorama lain Kepulauan Seribu

Festival di Pulau Tidung, Panorama lain Kepulauan Seribu. Pulau tidung termasuk salah satu pulau favorit yang berada di kepulauan seribu . Pulau tidung sering dijadikan tujuan utama para wisatawan ketika berkunjung di pulau seribu, pulau tidung menyajikan acara festival lokal atau tidung festival setiap tahunnya. Oleh karena itu dengan adanya tidung festival akan menambahkan panorama lain yang bisa memikat para pengunjung.

pulau tidung festival

Tidung Festival ada sejak tahun 2012, dengan beragam festival yang disajikan akan menambah kemerihan suasana di pulau tidung. Tidung festival biasanya diadakan mulai pagi sampai malam hari . “Meskipun event ini belum ditetapkan secara permanen waktu penyelenggaraanya, namun event ini akan diselenggarakan secara rutin tiap tahunnya” ujar Bupati Kepulauan Seribu, Tri Joko Sri Margiyanto. Tidung Festival menjadi moment tersendiri bagi wisatawan mancanegara ataupun lokal, berbagai suguhan acara mulai pensi, budaya, dan kuliner di tidung festival bisa mendongkrak wisatawan di kepulauan seribu, disertai keindahan alamnya yang mebuat wisatawan bisa menikmati suasana dengan tenang.

Biasanya tidung festival menyajikan 60 jenis kue salah satunya yakni kue geplak, gegodo, jepa, janda mengandang, krupuk cue, angsrut dan lain sebagainya. Namun, kue yang menjadi favorit pengunjung yakni kue celorot, Kue ini selalu menjadi rebutan warga pulau, karena hanya ada setahun sekali. Makanan ini terbuat dari ketan. Sejak jembatan cinta Pulau Tidung dibangun tahun 2008 dan diunggah ke media sosial, pengunjung terus meningkat,” ujar Tri Joko, Minggu (8/3). Nah.. Bagi wisatawan yang ingin menyaksikan tidung festival sampai selesai bisa menginap di pulau tidung,karena pulau tidung juga menyediakan resort penginapan yang bagus.

Dikatakan Tri, pada tahun 2009-2010, jumlah pengunjung turis lokal dan mancanegara sekitar 2.000 orang. Kini, tahun 2014-2015 meningkat mencapai sekitar 3 juta pengunjung. Ditambahkan Tri Joko, dirinya berharap apa yang menjadi ciri khas dan daya tarik Kepulauan Seribu tetap dipertahankan agar tidak hilang tergerus globalisasi. Dengan adanya tidung festival dan keindahan alam yang mempesona di pulau tidung semoga bisa menjdikan kepulauan seribu mejadi destinasi wisata dunia, jika kalian sudah berkunjung dan menikmati keindahannnya seta panorama lain yang dimiliki setiap pulau yang berada di kepulauan seribu,pasti kalian akan ketagihan untuk berkunjung kesana lagi.